Langsung ke konten utama

Cerpen penggembala

Pada pagi hari seorang penggembala memiliki 4 ekor kambing yang ingin menyantap rumput di lapangan hijau,di saat yang sama terdapat penggembala kerbau yang sudah ada di lapangan sedang menyantap rumput,sang penggembala kambing pun pertanya "permisi....apakah kambing-kambing saya boleh ikut serta untuk memakan rumput","oh....gabisa kerbau saya sudah ada disini duluan kamu cari tempat lain saja",ujar penggembala kerbau dengan nada marah,"baiklah saya akan mencari lapangan yang lain",kata si penggembala kambing sambil membuat muka kecewa,setelah beberapa saat sang penggembala mendapatkan tempat yang bagus dan banyak rerumputan,sang penggembala kambing sangat senang sampai berhari-hari kambing sudah memakan rumput dari halaman itu tetapi masih ada banyak rumput

Suatu hari penggembala kambing yang sedang bersantai sambil menyaksikan kambing melahap rumput bertemu dengan penggembala kerbau

Penggembala kerbau:"permisi apakah bisa kerbau saya imut memakan rumput disini"?

Penggembala kambing:"iya iya silahkan"

Penggembala kerbau:"terimakasih"

Penggembala kambing:"sama sama"


Tetapi suatu hari sang penggembala kerbau mendominasi lapangan tersebut dan mengusir penggembala kambing dengan nada yang tinggi

Penggembala kerbau:"PERGI KAU LAPANGAN INI SUDAH JADI MILIKKU"

penggembala kambing:"mana bisa gitu,saya yang menemukan dulu kenapa kamu yang mengusir saya"?

Penggembala kerbau:"kerbau saya butuh makan banyak untuk membantu pekerjaan saya,dan kerbau saya jumlahnya lebih banyak ketimbang kambing kamu"

Penggembala kambing:"baiklah kalau begitu saya akan cari lagi di bagian timur,dan apabila lapangan ini sudah habis anda pergi cari ke arah barat,setuju"?

Penggembala kerbau:"oke saya setuju"


Sang penggembala kambing pun mencari-cari lapangan kearah timur selama beberapa hari sambil memberi makan kambing dengan rumput seadanya dan alangkah terkejutnya,sang penggembala kambing menemukan lapangan yang bahkan lebih banyak daripada lapangan yang sudah direbut oleh penggembala kerbau

Sebaliknya sang penggembala panik karena lapangan yang sudah dikuasai sudah mulai kehabisan rumput,akhirnya dia mencari cari ke wilayah barat selama beberapa hari,lamaaa sekali dan tidak menemukan lapangan yang memiliki rumput banyak untuk kerbaunya


TAMAT....









Komentar